10 tips mencari nama domain sempurna

By | July 30, 2017
Memilih nama domain

10 tips mencari nama domain sempurna

Memilih domain adalah sesuatu hal yang sangat sakral, seperti halnya anda akan memilih teman pasangan hidup karena sekali anda memilih maka anda akan hidup bersamanya selamanya. Terkadang memilih domain memerlukan waktu dan konsentrasi, mungkin anda juga memerlukan semedi (kata orang jawa) untuk bisa menemukan sebuah nama domain yang tepat untuk keperluan anda. Nama domain adalah sebuah identitas, jati diri bagi anda untuk dikenal di dalam dunia maya yang bernama internet.

Berikut ini ada beberapa tips untuk memilih nama domain yang akan anda pinang.

  1. Mudah diingat, pastikan bahwa nama domain anda adalah sebuah kata yang mudah diingat, disebutkan, disampaikan dan dipahami. Jangan menggunakan kata yang susah dipahami bagi orang awam.
  2. Singkat, nama domain yang singkat pasti akan mudah diingat namun jangan terlalu singkat seperti ejaan anak gaul atau anak abg.
  3. Gunakan keyword, jika anda hendak berjualan baju maka hendaknya anda menggunakan kata toko atau sesuatu yang mencerminkan kegiatan anda sehingga search engine akan menilai uniknya nama toko anda dan ini akan membantu untuk meningkatkan traffic pada situs anda.
  4. Gunakan kota anda, misalnya anda berjualan kebutuhan aksesoris mobil maka anda bisa menggunakan kota anda sebagai tambahan pada domain anda, misalnya sbyaccessories.com hal ini akan memudahkan pengunjung untuk mengingat lokasi anda.
  5. Hindari penggunaan angka dan tanda hubung, penggunaan angka dan tanda penghubung (hypen) – akan membingungkan pengunjung anda serta tidak tampak profesional, sebaiknya hindari penggunaan huruf dan tanda hubung pada domain anda.
  6. Mudah diingat, domain yang unik dan mudah diingat biasanya akan cepat diingat oleh pengunjung internet, anda juga bisa meminta pertimbangan kepada rekan anda apa nama domain yang sekiranya mudah diingat.
  7. No trademark, jangan gunakan kata atau nama domain yang mengandung merek dagang perusahaan, misalnya toyotasby.com karena perusahaan toyota kemungkinan besar akan mengajukan keberatan atas penggunaan nama domain anda.
  8. Gunakan ektensi domain yang pas, jika anda hendak berjualan maka gunakan domain .com dan jika anda adalah sebuah organisasi maka gunakan ekstensi domain .org kini banyak domain ektension yang bisa anda gunakan sebagai nama domain anda seperti .trade .store dan masih banyak lagi domain ekstension yang ada.
  9. Lindungi dan buat brand anda sendiri, jika anda menggunakan nama yang unik, segera patenkan karena bisa jadi brand anda akan diambil oleh orang lain. Tentunya hal ini baik jika usaha anda berkembang dan menjaga kelangsungan bisnis brand anda sendiri.
  10. Register sekarang, jika anda sudah menemukan domain yang cocok, segera daftarkan. Bisa jadi anda baru memikirkan sebuah nama dan akan meregister domain orang lain akan melakukan hal yang sama dan anda akan kehilangan nama domain tersebut.

Semoga 10 tips mencari nama domain sempurna bisa menjadi salah satu inspirasi anda.

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *