Memahami Level Support dalam organisasi berbasis IT

By | January 5, 2018
Level Support

Level Support

Di dalam sebuah perusahaan yang melibatkan Informasi Teknologi tentunya tidak pernah terlepas dari yang namanya support, sebuah masalah dapat saja terjadi dan masalah tersebut bisa bervariasi dari masalah kecil hingga masalah besar. Di dalam dunia IT support terbagi menjadi 3 bagian yang masing-masing memiliki kemampuan dalam bekerja yang berbeda beda dan tentunya gajinya juga berbeda (hehe).

Level 1 – Support lini pertama, biasanya bertugas sebagai helpdesk yang menerima komplain dari berbagai media seperti telepon, lembar komplain, email, chatting atau media lain yang sudah menjadi standar dokumen dengan klien. Level ini biasanya memiliki kemampuan terbatas dalam menyelesaikan masalah dan jika tidak dapat menyelesaikan masalah maka dapat dieskalasikan pada level support berikutnya, yaitu Level 2. Untuk dapat menjadi Level 2 support biasanya memiliki pengalaman sebagai level 1 support minimal 2 tahun.

Level 2 – Support lini kedua, biasanya memiliki pengalaman lebih banyak jika dibandingkan dengan level 1 dalam menangani masalah. Level 2 support ini sudah paham mengenai SLA, alur kerja penanganan masalah sampai dengan berkomunikais dengan vendor terkait untuk menyelesaikan sebuah masalah. Selain itu level 2 support juga bisa melakukan kolaborasi terkait dengan divisi lain misalnya billing departemen atau divisi lainnya yang terkait dalam masalah yang ada. Level 2 support ini bisa melakukan eskalasi pada level 3 support jika tidak dapat menyelesaikan masalah. Level 2 support ini memiliki pengalaman minimal 4 tahun dalam suatu bidang tertentu seperti teknologi oracle, windows server dan lain-lain.

Level 3 – Support lini ketiga, memiliki kemampuan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan level support sebelumnya. Dan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan tingkat kesulitan tinggi dan biasanya memiliki keahlian khusus serta memiliki daftar masalah, analisa dan sebagainya. Keahlian khusus mutlak dimiliki oleh level 3 support seperti mengelola database, mengelola windows server, linux dan apabila tidak bisa menyelesaikan masalah bisa berkoordinasi dengan divisi development. Untuk menjadi level 3 support harus memiliki pengalaman minimal 8 tahun dalam bidangnya dan biasanya level 3 ini memiliki akses kritikal seperti root atau akses administrator. Jika tidak bisa menyelesaikan masalah level 3 support bisa melakukan eskalasi pada level 4 support.

Level 4 – Support lini ke empat, ini adalah dewanya support dimana kemampuannya sudah tidak diragukan lagi dan pasti dapat menyelesaikan masalah yang ada. Level support 4 ini memiliki gaji dewa.

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *