Mengenal tentang produk MikroTik

Mengenal tentang produk MikroTik
Mengenal tentang produk MikroTik | image credit MikroTik.com

Aku mau bikin jaringan untuk membagi koneksi dirumahku, kira kira pakai apa ya ? MikroTik saja!. Tentunya hal diatas sering kali didengar oleh para jagoan it yang khususnya terjun dalam bidang jaringan komputer. Siapa yang tidak mengenal produk MikroTik yang memiliki fitur lengkap dan harga terjangkau. Artikel ini akan membahas mengenal tentang produk MikroTik yang mungkin bisa kamu gunakan baik dirumah maupun di kantor.

Tentang Mikrotik

MikroTik adalah sebuah perusahaan yang berasal dari negara latvia yang berdiri sejak tahun 1996 yang membangun perangkat router dan wireless untuk ISP (Internet Service Provider) dan saat ini MikroTik sudah memproduksi baik sistem operasi (Router OS) dan perangkat kerasnya yang biasa dikenal MikroTik Router, MikroTik Wireless. Di dalam RouterOS MikroTik terdapat banyak sekali fungsi baik sebagai router maupun sebagai switch. Untuk perangkat MikroTik berbasis hardware banyak dikenal sebagai RouterBOARD.

Tipe MikroTik

Produk utama MikroTik adalah router dan wireless, jadi semua yang berhubungan dengan router dan wireless MikroTik memiliki semua baik dari sisi sistem operasinya maupun perangkat kerasnya.

Mikrotik Router adalah sebuah sistem operasi maupun perangkat yang di dalamnya juga sudah di tanam sistem operasi yang melakukan fungsi sebagai router. Router sendiri adalah sebuah pada sebuah perangkat jaringan yang memiliki fungsi untuk mengatur lalu lintas data dalam sebuah jaringan.

 

MikroTik Wireless adalah sebuah bagian dari sistem operasi RouterOS dan perangkat yang berfungsi sebagai alat untuk dapat menyambungkan perangkat nirkabel seperti handphone ke dalam sebuah jaringan komputer melalui wifi (Wireless Fidelity).

Untuk router sendiri MikroTik memiliki beberapa seri dimana yang membedakan adalah dari performance yang diperlukan. Sebagai contoh untuk rumah dan memerlukan fungsi router sederhana dan memiliki fungsi wireless bisa menggunakan MikroTik seri RBxxxx (RouterBoard).

Untuk wireless biasanya sudah include ke dalam MikroTik RouterBOARD, tetapi ada juga perangkat yang spesifik memiliki fungsi sebagai wireless yang juga bisa digunakan untuk menghubungkan satu titik dengan titik yang lain atau biasa disebut dengan Point-to-Point Wireless.

 

Serie MikroTik yang sering digunakan | image credit MikroTik.com
Serie MikroTik yang sering digunakan | image credit MikroTik.com

Memilih Produk MikroTik

Untuk memilik produk MikroTik, pertama-tama apa kebutuhan anda terlebih dahulu. Apakah ingin mengatur jaringan ? jika iya maka anda dapat memilih MikroTik RouterBOARD. Jika ingin memiliki wireless saja, maka anda dapat memilih MikroTik Wireless. Setiap seri MikroTik memiliki performance yang berbeda beda, misalnya anda ingin memiliki kecepatan wireless tinggi maka anda dapat memilih perangkat MikroTik yang memiliki wireless band a,b,g dan n.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *